Rabu, 02 Juli 2014

ELEMEN-ELEMEN PEMBENTUK KOTA

Dalam penelitiannya terhadap bentuk-bentuk dari kota, Prof. Kevin Lynch menemukan bahwa ada lima elemen pokok atau dasar yang oleh orang-orang digunakan untuk membangun gambaran mental mereka terhadap sebuah kota :

1. Pathways : ini adalah jalur-jalur sirkulasi yang digunakan oleh orang untuk melakukan pergerakan. Sebuah kota mempunyai jaringan jalur utama (major routes) dan sebuah lingkungan, jaringan jalur minor. Sebuah bangunan mempunyai beberapa jalur utama yang digunakan untuk mencapainya dan bergerak darinya. Sebuah jaringan jalan raya kota adalah jaringan pathway untuk seluruh kota. Jalan-jalan setapak pada sebuah kampus adalah pathway untuk kampus tersebut.

2. Districts : sebuah kota terdiri dari lingkungan-lingkungan bagiannya atau district; pusat kota, uptown, midtown, daerah perumahan, daerah industri, suburban, kampus dan sebagainya. Kadang-kadang mereka berbeda dalam bentuk dan besarnya. Kadang-kadang mereka begitu berbaur dalam karakter dan tidak mempunyai batas-batas yang jelas.

3. Edges : pengakhiran dari sebuah district adalah tepiannya (edge). Beberapa district tidak memiliki edge yang jelas, tetapi sedikit demi sedikit berbaur dengan district lainnya. Apabila dua district dihubungkan pada sebuah edge, mereka membentuk sebuah seam.

4. Landmarks : bentuk-bentuk visual yang menyolok dari sebuah kota adalah landmarks. Beberapa landmarks adalah besar dan terlihat dari kejauhan, beberapa kecil dan hanya dapat dilihat dari dekat, seperti jam, kolam air mancur, atau sebuah patung kecil di taman. Landmarks adalah elemen penting dari bentuk kota karena mereka membantu orang-orang untuk mengarahkan diri, dan mengenal suatu daerah dalam kota. Sebuah landmarks yang baik adalah elemen yang berbeda tetapi harmonis dalam latar belakangnya.

5. Nodes : sebuah node adalah pusat aktivitas. Sesungguhnya adalah sebuah type dari landmark tetapi berbeda dari landmark karena fungsinya yang aktif. Dimana sebuah landmark adalah objek visual yang jelas berbeda. Sebuah node adalah pusat aktivitas yang berbeda dan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar